Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Jerawat di wajah merupakan hal biasa dialami oleh banyak orang. Namun, bagaimana dengan jerawat yang berada di punggung? Ada yang pernah merasakan? Jangan heran, jerawat yang muncul di punggung juga sering terjadi loh.
 

Seperti yang kita tau, jerawat terjadi ketika terdapat produksi minyak berlebih sedangkan pori-pori dalam keadaan yang tersumbat atau terdapat sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga memberikan kesempatan bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Punggung sendiri memiliki pori-pori yang lebih besar daripada wajah, sehingga lebih mudah tersumbat dan berjerawat. Bukan hanya itu, kebiasaan yang buruk juga dapat menimbulkan jerawat punggung.

sumber : https://www.pexels.com/id-id/

Penyebab Jerawat Punggung
Jerawat punggung bisa saja muncul karena penyeab yang mungkin tidak kita sadari. Simak beberapa penyebab munculnya jerawat punggung.

  • Cara mandi yang kurang tepat. Penggunaan air hangat secara terus menerus dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga kulit rentan iritasi dan berjerawat. Selain itu sisa sampo atau conditioner yang masih menempel di punggung juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Maka dari itu, perhatikan urutan yang benar ketika mandi. Membersihkan tubuh jadikan tahapan akhir setelah membilas sampo dan contioner. 
  • Kurang menjaga kebersihan baju, handuk dan seprai. Baju yang kotor penuh keringat, handuk kotor dan lembab, seprai kotor penuh debu adalah tempat yang baik untuk bakteri berkembangbiak. Ketika benda-benda tersebut menempel di kulit kita, maka berpindahlah bakteri-bakterinya. Bakal muncul deh jerawat-jerawat manjanya. Jadi, jagalah kebersihan benda-benda yang menyentuh kulit kita.
  • Genetik. Cukup sulit nih kalau masalahnya berawal dari genetik. Tetapi bisa juga disembuhkan dengan konsultasi ke dokter untuk mengetahui pola makan dan perawatan yang tepat. 
  • Pakaian ketat. Pakaian yang ketat cenderung menyebabkab iritasi dan sulit untuk bernafas. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. 
  • Stres. Stres dapat memicu banyak penyakit, termasuk penyakit kulit. 
  • Hormon. Bagi wanita yang menjelang menstruasi, munculnya jerawat merupakan hal yang wajar. Jerawat punggung pun dapat disebabkan oleh hormonal. 
  • Penggunaan sabun yang tidak tepat. Sebagian sabun bisa membuat kulit menjadi kering bahkan iritasi. 
  • Efek penggunaan obat. Obat dapat mempengaruhi keadaan tubuh kita. Salah satunya dapat menyebabkan timbulnya jerawat.


Cara Mencegah dan Mengurangi Jerawat Punggung
Lakukan kegiatan berikut untuk mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat pada punggung :
  1. Biasakan mandi rutin 2x sehari atau mandi setelah beraktifitas berat dan berkeringat. Gunakan sabun anti jerawat yaitu sabun dengan kandungan asam salisilat, benzoil peroksida, dan sulfur. Perhatikan urutan yang benar ketika mandi, dan pastikan tidak ada sampo dan conditioner yang menempel di punggung.
  2. Jaga kebersihan baju, handuk dan seprai. Hindari menggunakan baju yang lembab, kotor, ketat, berbahan panas dan tidak menyerap keringat. Selain itu, hindari bertukar pakai dengan orang lain. Ganti handuk dan seprai secara rutin.
  3. Hindari menggunakan tas punggung. Untuk penderita jerawat punggung, sementara gunakan tas selempang atau tas pinggang untuk mengurangi jerawat.
  4. Kelola stres dan tidur kamu dengan baik. Lakukan kegiatan yang membuat dirimu senang dan nyaman agar terhindar dari stres.
  5. Perbanyak minum serta makan sayur dan buah. Aktifitas ini akan membantu penyembuhan dari dalam.
  6. Jaga kulit kamu agar tidak kering atau iritasi. Bagi kalian yang memiliki kulit kering, gunakan pelembab non-comedogenic. Jika kulit kalian mudah iritasi, cari produk-produk yang lembut dan tidak membuat iritasi. Hindari gesekan-gesekan pada kulit yang menjadikan kulit iritasi.
  7. Hindari konsumsi obat pemicu jerawat. Obat yang mengandung androgen dan lithium dapat memicu jerawat.
  8. Gunakan obat oles atau minum antibiotik. Silahkan konsultasi ke dokter untuk penggunaan obat yang cocok untuk jerawat punggung Anda.


sumber:  
www.alodokter.com
hellosehat.com
m.fimela.com
lifestyle.kompas.com


<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Jerawat Punggung"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel