Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar bagi kaum wanita. Penyakit ini tergolong pada tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara dan jenis kanker ini paling sering terjadi pada wanita walau ada kemungkinan juga bisa terjadi pada pria, namun sangat jarang sekali terjadi.

Agar kanker payudara bisa diatasi sebelum terlanjur bahaya, maka perlu rasanya mengenal gejala kanker payudara sejak dini, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah pengobatan bahkan akan lebih baik jika bisa dilakukan pencegahan.

mengenali-gejala-kanker-payudara

Apa saja sih gejala kanker payudara, yuk kita simak bersama tanda-tanda atau gejala kanker payudara secara umum yang bisa terjadi pada seseorang walau mungkin tidak semua genjala itu akan timbul secara bersamaan. Berikut adalah cara mengenali gejala kanker payudara:

Secara umum biasanya gejala kanker payudara di tandai adanya benjolan pada payudara yang dapat diraba.

  • Coba perhatikan apakah ada perubahan bentuk dan ukuran payudara.
  • Perhatikan didaerah sekitar putting, salah satu gejala kanker payudara biasanya ada luka yang sukar sembuhnya.
  •  Adanya cairan (darah atau nanah-berwarna kuning sampai kehijauan) keluar dari puting susu.
  • Puting susu mengalami perubahanseperti gatal, terasa terbakar, dan tertarik ke dalam.
  • Adanya kerutan-kerutan (seperti jeruk purut) pada kulit payudara.
  • Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.


Jika ada gejala-gejala seperti disebutkan diatas, layak sekiranya anda waspada dan segera periksakan payudara Anda ke dokter agar bisa segera ditangani dengan baik. Diusahakan untuk melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan bisa disembuhkan jika masih pada stadium awal.

Untuk mendeteksi secara dini, dapat dilakukan pemeriksaan sendiri pada payudara setiap 5-7 hari setelah masa menstruasi, dengan mammografi (pemeriksaan dengan sinar X), atau dengan biopsi (mengangkat sedikit jaringan kelenjar susu untuk diagnosis).

Nah demikian sedikit artikel tentang mengenali gejala kanker payudara yang kami kutip dari berbagai sumber, semoga menambah manfaat dan pengetahuan, jika dirasa bermanfaat tidak ada salahnya jika Anda share kepada saudara,kawan,sahabat dan yang lainnya agar semua mendapatkan manfaatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel