4 Manfaat Besar Bangun Pagi

Jam berapa Anda bangun pagi ? bagi sebagian orang bangun bagi bukanlah hal mudah, terlebih saat malam harus lembur atau sedang begadang nonton team bola kesayangan yang sedang berlaga. Seperti saat ini, piala dunia sedang berlansung, tak rela rasanya meniggalkan sekejap saja permainan bola yang sedang berlangsung. Nah pada kondisi seperti ini seringkali kita akan terlambat bangun alias kesiangan.

Padahal jika kita kesiangan maka kita akan kehilangan berbagai manfaat bangun pagi. Jika kita mengetahui manfaatnya, bisa jadi juga menimbulkan rasa menyesal seperti menyesalnya tak bisa nonton bola. Konon kata orang tua, sebaiknya bangun tidur jangan sampai kesiangan, entar rejekinya dipatok ayam.

manfaat-besar-bangun-pagi

Itu menurut orang tua, namun baru-baru ini sebuah penelitian kesehatan yang dilansir sebuah situs kesehatan womenhealmag.com bangun pagi mempengaruhi banyak hal dalam hidup. Terlebih dalam hal kesehatan, lantas apa saja sih manfaat bangun pagi untuk kesehatan, berikut kita simak bersama :

Bangun Pagi Membuat Anda Lebih Ceria
Saat anda bangun lebih pagi, Anda akan mempunyai mood yang lebih ceria dan lebih bahagia ketimbang orang yang bangun kesiangan. Jurnal Emotion tahun 2012 melaporkan bahwa studi ini, dimana ternyata system syaraf banyak dipengaruhi kebiasaan bangun pagi. Nah jika anda ingin lebih ceri dan bahagia, jangan sampai kesiangan bangunnya.

Bangun Pagi Membuat Anda Lebih Aktif
Bangun pagi akan membuat badan anda lebih aktif dan penuh energy, berbeda dengan orang yang bangun kesiangan, yang justru akan membuat badan menjadi lemas tak bertenaga. Apalagi ditambah gerakan-gerakan senam ringan walau hanya sekedar pemanasan. Dijamin badan anda akan penuh energy dan aktif, jika ingin mengetahui lebih jelas uraiannya anda bisa melihat kembali di Journal Of Applied Psychology Sosial tahun 2009.

Bangun Pagi akan Mengurangi Tingkat Depresi
Sebuah penelitian di Jerman tahun 2013 mendapatkan kolerasi Antara depresi yang tinggi dengan kecenderungan tidur larut malam. Mereka yang tidur terlalu larut malam seringkali kesulitan untuk bangun lebih pagi dan memeiliki tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan yang mereka yang tidur cukup dan bangun lebih pagi.

Bangun Pagi Akan Membuat Anda Cenderung Memilih Makanan Sehat
Sebuah studi di Universitas Northwestern tahun 2011 membuktikan bahwa mereka yang bangun lebih pagi akan mempunyai kecenderungan untuk memilih makanan sehat. Tingkat BMI-nya juga akan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur dan sering bangun kesiangan.

Nah itu lah manfaat bagun pagi, bagaimana menurut anda ? Masih ingin melanjutkan begadang dan bermalas-malasan hingga siang di tempat tidur? Itu pilihan Anda. Tapi rasanya sungguh sayang jika melewatkan manfaat bangun pagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Manfaat Besar Bangun Pagi"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel