Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Kulit bibir berbeda dengan kulit yang lainnya. Jika kalian sering beraktifitas di ruangan ber-AC atau di luar ruangan yang terkena panasnya terik matahari, kalian perlu melindungi kulit bibir kalian. Hal ini dikarenakan, kulit bibir tidak memiliki perlindungan terhadap pengaruh dari dua hal tersebut. Kulit bibir juga tidak dapat memproduksi pelumas untuk melembabkan kulit. Oleh karena itu, kalian wajib dan harus menjaga kelembaban kulit kalian, agar tidak kering dan pecah-pecah.


Bibir yang kering dan pecah-pecah, dapat mengganggu penampilan. Hasil tidak memuaskan ketika menggunakan lipstik. Belum lagi ketika kulit menjadi luka, untuk sekedar makan atau minum-pun akan terasa menyakitkan. Oleh karena itu, tetap jaga kelembaban bibir dan hindari kegiatan yang membuat bibir menjadi kering. Berikut faktor penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  1. Sering menjilat bibir, beberapa orang berfikir bahwa menjilat bibir dapat membuat bibir basah dan tidak kering lagi. Tetapi hal tersebut salah, menjilat bibir justru membuat bibir kering. Hal ini dikarenakan air liur yang menempel pada bibir dapat menghilangkan kelembabkan alami bibir.
  2. Pemakaian lipstik, bagi kalian yang suka menggunakan lipstik matte, stop penggunaan selama bibir kering dan pecah-pecah. Menggunakan lipstik matte atau lipstik yang tahan lama dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.
  3. Sinar matahari, memiliki efek positif dan juga negatif. Salah satu efek negatifnya adalah sinar UV yang dapat membakar kulit. Tak terkecuali kulit bibir kita. Oleh sebab itu, kulit bibir juga memerlukan perlindungan dari sinar matahari.
  4. Bahan kimia, beberapa bahan kimia memiliki sifat iritatif. Hal ini dapat membuat bibir menjadi kering. Bahan ini biasanya terdapat pada pewarna, parfum dan sabun.
  5. Mengkonsumsi obat, menurut Alodokter, beberapa obat dapat membuat bibir kering, diantaranya adalah vitamin A, retinoid, litium, dan obat kanker.
Melalui faktor-faktor diatas, kalian dapat menghindari aktifitas-aktifitas tersebut, untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Berikut cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.
  1. Minum air yang cukup, tidak diragukan lagi, air sangat bermanfaat bagi tubuh. Bibir kering dan pecah-pecah dapat menandakan bahwa tubuh sedang dehidrasi. Oleh karena itu, minum air yang cukup untuk memenuhi cairan dalam tubuh.
  2. Pakai pelembab bibir, kulit bibir tidak mempunyai kelenjar minyak, sehingga tidak dapat memproduksi minyak untuk melembabkannya. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan pelembab bibir. Gunakan pelembab bibir dengan bahan petroleum atau beeswax, dan dapat menggunakan cocoa butter, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Hindari menggunakan pelembab yang memiliki rasa. Hal ini dapat membuat rasa ingin menjilat bibir semakin besar.
  3. Pelindung bibir, seperti yang telah di jelaskan pada faktor penyebab bibir kering, salah satu penyebabnya adalah sinar matahari. Untuk itu, gunakan pelindung bibir ketika beraktifitas diluar ruangan. Gunakan produk bibir yang mengandung SPF.
  4. Penggunaan bahan alami, beberapa artikel menyarankan untuk memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Menggunakan potongan timun untuk dioleskan pada bibir, karena timun mengandung air dan vitamin C yang baik untuk kesehatan bibir. Mengoleskan madu murni pada bibir, karena mengandung protein yang baik untuk bibir. Menggunakan tomat sebagai masker bibir, karena mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang baik untuk bibir.
  5. Melakukan scrub bibir, kegiatan ini dapat menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Melakukan scrub dapat menghilangkan kulit luar yang kering dengan lembut tanpa melukai bibir. Gunakan 1 sdm madu yang dicampur dengan 2 sdm gula untuk scrub bibir kalian.
Itulah beberapa faktor dan cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba.
 
Sumber:
www.alodokter.com, www.vaseline.co.id, www.idntimes.com

<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel