Basic Skincare Rutin untuk Pemula


Beberapa dari kalian ada yang bingung untuk mulai merawat kulit? Cara yang benar gimana sih? Urutan yang benar gimana ya? Kenapa step-stepnya macam-macam? Pakai yang 3 step, 4 step atau 10 step? Disini akan kita bahas, basic dari skincare atau perawatan kulit untuk kalian para pemula. 



Kunci dari keberhasilan mendapatkan kulit yang sehat adalah telaten menjalani setiap step-stepnya. Perawatan yang dilakukan jarang-jarang, atau hanya ketika ingin melakukannya saja, dirasa akan percuma dan tidak akan mendapatkan hasil. Jadi untuk kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah rutin setiap hari, pagi dan malam.

Terdapat 4 step perawatan kulit untuk yang paling dasar. Step-step ini dapat bertambah menyesuaikan kebutuhan kulit kalian. Bagi kalian para pemula, ingat 4 step berikut untuk memulai kegiatan perawatan kulit kalian. 

1. Cleansing
Tahap awal yang wajib kalian lakukan adalah cleansing atau pembersihan kulit. Tahapan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. 
  • Pagi hari
Cukup lakukan 1 kali pembersihan pada saat pagi hari, karena kulit masih dalam keadaan cukup bersih. Cuci muka menggunakan sabun cuci muka yang cocok untuk jenis kulit kalian.
  • Malam hari
Lakukan 2 kali pembersihan, atau yang biasa disebut dengan Double Cleansing. First cleansing gunakan produk pembersih make up yang cocok untuk kulit kalian, bisa menggunakan milk cleanser, oil cleanser, dll. Dan untuk second cleansing, kalian dapat menggunakan sabun cuci muka yang biasa kalian gunakan di pagi hari. Kenapa harus double cleansing? Hal ini cukup penting, karena setelah kita melakukan aktifitas di luar rumah, banyak kotoran yang menempel di wajah kita. Tidak akan cukup, jika hanya melakukan sekali pembersihan saja.

Pembersihan ini dapat mencegah munculnya komedo, dimana kotoran-kotoran penyumbat pori-pori bersih dari wajah kalian.

2. Toning
Setelah melakukan pembersihan, maka kalian wajib untuk melakukan kegiatan ini, yaitu toning. Terdapat beberapa macam cara melakukan tahap ini, sebagian ada yang menuangkan toner pada kapas lalu mengusapkan ke wajah, ada pula yang menggunakan spray untuk disemprotkan dengan lembut ke wajah. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menyeimbangkan ph kulit wajah kalian, dan mengangkat sisa-sisa pembersih yang menempel dimuka kalian. Selalu lakukan tahap ini, setelah melakukan pembersihan baik pagi maupun malam.

3. Moisturizing
Setelah wajah kalian bersih, maka aplikasikan pelembab sesuai dengan jenis kulit kalian. Apakah kulit wajah yang berminyak perlu pelembab? Tentu saja perlu. Taukah kalian, berminyak bukan berarti melembabkan loh. Pelembab tetap diperlukan karena untuk menyeimbangkan permukaan kulit. Selain karena faktor hormon, kulit berminyak juga dikarenakan kulit yang kurang terhidrasi, sehingga kelenjar minyak berusaha memproduksi minyak untuk menyeimbangkannya. Jadi menggunakan pelembab jutru bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah kalian. Dengan catatan, pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Penggunaan pelembab ini dapat dilakukan ketika pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

4. Protecting
Tahap ini penting untuk keberlangsungan kulit wajah kita. Kalian dapat menggunakan sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit kalian. Gunakan minimal SPF 30 untuk kalian yang sering berada di luar rumah. Perlindungan ini bertujuan untuk menjaga kulit kalian agar tidak mengalami penuaan dini, dan juga untuk menghindari permasalahan kulit seperti flek hitam, warna kulit menggelap, dll. Bagi kalian pemula, cari sunscreen yang cocok untuk kulit kalian, dan aplikasikan ketika akan beraktifitas di pagi hari.

Itulah skincare rutin paling dasar yang dapat kalian terapkan mulai sekarang. Lakukan rutin setiap hari, bukan hanya dilakukan ketika kulit wajah sedang bermasalah, karena hasil kurang maksimal. Selamat mencoba.
 
<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Basic Skincare Rutin untuk Pemula"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel