10 Step Skincare Rutin Ala Korea

Hits banget nih kalau membahas apa-apa yang menyangkut Korea. Entah dramanya yang bikin baper, galau, dan menyentuh, atau K-pop yang hits dikalangan anak muda, dan produk kecantikkan yang terkenal serta beragam. Udah pada tau yaa, kalau disana penampilan cukup mempengaruhi hidup seseorang. Banyak yang menawarkan cara-cara untuk mempercantik penampilan, bisa dengan operasi plastik, dengan diet ketat, dan dengan perawatan rutin setiap hari. Iklim yang mendukung, membuat kulit mereka lebih putih dan bersih daripada kita yang ada di Indonesia dengan iklim yang tropis (bisa dipengaruhi gen juga sih). Idaman banget deh pokoknya.


Tapi jangan salah, walau mereka memiliki kulit putih yang kita idamkan, tetapi mereka juga bisa mengalami problem kulit loh, seperti jerawat, kulit kering, kusam, dll. Orang korea gemar sekali merawat kulit wajah. Bukan hanya cewek aja nih temen-temen, tetapi oppa-oppa disana juga suka banget ngerawat kulit wajah. Biasanya mereka menggunakan 10 step skincare rutin. Apa saja sih step-stepnya? Baca penjelasannya yukk.

Step 1 : First Cleanser/Oil Cleanser/Balm Cleanser
Sudah tahu kan yaa, untuk step ini cukup penting untuk kesehatan kulit. Perbersihan pertama dilakukan untuk menghilangkan kotoran, debu dan makeup yang ada di wajah kita. Untuk tahap ini, kalian bisa menggunakan oil cleanser atau balm cleanser. Pembersihan harus dilakukan pada saat kulit dalam keadaan kering. Kinerja oil/balm cleanser akan lebih optimal ketika kulit dalam keadaan kering. Cara penggunaannya adalah dengan mengusapkan oil/balm cleanser ke wajah dengan sedikit pijatan, kemudian basuh dengan air. Baca aturan pakai sesuai dengan produk yang cocok untuk kulit kalian.

Step 2 : Second Cleanser/Foam Cleanser/Clay/Gel/Milk Cleanser
Second cleanser dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih ada walau sudah melakukan first cleanser. Pembersihan ini berbasis air atau perbersihan dilakukan pada saat kulit wajah basah. Gunakan sesuai dengan petunjuk yang ada di produk kalian agar hasil lebih optimal.

Step 3 : Exfoliator
Pada tahap ini, dilakukan pembersihan dengan pengelupasan kulit mati. Pembersihan fokus pada bagian wajah yang terlihat kusam dan banyak terdapat komedo (bagian hidung dan pipi). Cari produk yang sesuai dengan jenis kulit kalian, terutama produk yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Tahap ini tidak disarankan untuk dilakukan setiap hari. Cukup lakukan 3 kali dalam seminggu untuk penggunaan rutin. Untuk kalian yang memiliki kulit sensitif, lakukan seminggu sekali. Setelah melakukan tahap ini, kulit kalian terlihat lebih cerah dengan kulit yang baru.
 

Step 4 : Toner
Step selanjutnya adalah pemberian toner. Tujuan pemberian toner adalah agar pH kulit menjadi normal kembali dan terhidrasi setelah melakukan pembersihan. Cara penggunaannya cukup mudah, tetapi setiap produk memiliki cara berbeda-beda. Beberapa produk perlu menggunakan kapas sebagai media pembantu, produk lain langsung diaplikasikan menggunakan tangan dan ada juga yang sudah dalam bentuk spray, jadi tinggal semprot aja. So buat kalian yang ingin mencoba, cari toner yang sesuai dengan jenis kulit kalian. 

Step 5 : Essence
Step yang cukup penting dalam serangkaian skincare adalah pemberian essence. Pemberian essence dapat menutrisi kulit kalian, sehingga lebih sehat dan lembab. Selain itu juga dapat mengatasi garis-garis halus di wajah, kerutan serta kulit kusam. Konsentrasi essence lebih pekat dari toner tapi lebih cair daripada serum, jadi essence ini berada ditengah-tengah antara keduanya. Buat kalian yang mau coba essence, cari yang sesuai dengan kulit kalian yaaa.

Step 6 : Serum
Serum memiliki fungsi yang hampir sama dengan essence, tetapi memiliki konsentrasinya yang lebih pekat. Untuk kalian yang tidak terlalu memerlukan tahap ini (sudah menggunakan essence dan tanda penuaan tidak begitu terlihat), bisa skip aja dan langsung ke tahap selanjutnya. Serum digunakan untuk membantu pembentukan kolagen yang dapat membuat kulit kalian tampak lebih muda. Jadi, tahap ini cocok nih buat kalian yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan. Jika kalian memiliki garis-garis halus diwajah, keriput, dan flek hitam, kalian dapat memudarkannya dengan penggunaan serum.

Step 7 : Mask
Tahapan yang paling menyenangkan nihh. Bisa dipakai sambil tidur-tiduran santai, wajah terasa adem, dan menyegarkan. Penggunaan masker bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian (seperti pengen kulitnya lembab, pengen kulitnya putih, dll). Kalian bisa mengaplikasikan masker 2-3 kali dalam seminggu.


Step 8 : Eye Cream
Helooo, untuk kalian yang memiliki mata panda, kalian perlu banget melakukan tahap ini. Bukan hanya mata panda aja nih, yang memiliki kerutan di bagian bawah mata, kalian juga perlu mencoba tahap ini. Jadi mata panda jangan hanya ditutupi, gunakan eye cream, istirahat yang cukup dan jangan sering begadang, biar cepet hilang, okeyyyy.

Step 9 : Face Cream/Moisturizer
Walaupun sudah melakukan serangkaian skincare yang melembabkan kulit, tetapi masih belum cukup menghidrasi kulit loh. Kalian tetep butuh dengan produk khusus pelembab kulit wajah. So kalian pasti tau kan fungsi dari pemberian pelembab pada kulit. Mau kulit kering atau kulit berminyak, kalian tetap harus menjaga kelembaban wajah. Manfaat untuk kulit kering adalah untuk melembabkan kulit kering serta mencegah iritasi kulit. Sedangkan manfaat untuk kulit berminyak adalah dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Step 10 : SPF/ Sleeping Pack
Langkah terakhir adalah pemberian SPF (perlindungan pada kulit wajah) saat pagi hari atau menggunakan sleeping pack saat malam hari. Penggunaan sunscreen/sunblock sangat penting bagi kulit. Sinar matahari dapat memberi dampak buruk bagi kulit, seperti kulit terbakar sehingga warna kulit menjadi lebih gelap, flek hitam dan penuaan dini. Untuk menghindari dampak buruk tersebut, kalian bisa mengaplikasikan sunscreen/sunblock ketika akan beraktifitas diluar ruangan dengan minimal mengandung SPF 30. Sedangkan untuk sleeping pack, kalian dapat mengaplikasikannya 1-2 per minggu. Penggunaan sleeping pack dapat memperbaiki kondisi kulit, melembabkan, kulit terasa cerah dipagi hari.

Itulah sedikit banyaknya penjelasan 10 step skincare ala korea. Cukup banyak dan ribet nih kalau dilakukan setiap hari, tapi tidak apa-apa lah yaa, demi kulit sehat nan bersih. Tapi, buat kalian yang belum bisa rutin menerapkan perawatan kulit wajah, lebih baik perbaiki dulu deh. Cukup lakukan basic skincare dulu dengan rutin (inget yaaa RUTIN), baru deh coba 10 step diatas. Selamat mencoba.

Sumber:
www.self.co
www.cosmetopiadigest.com


<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Step Skincare Rutin Ala Korea"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel