Tips puasa ramadhan bagi ibu hamil


Puasa bagi ibu hamil merupakan suatu hal yang sunnah, jika ditinggal tidak apa-apa dan jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan kebaikan. Sekarang ini tanggal 16 Mei 2018 merupakan hari yang mendekati bulan puasa Ramadhan yang akan jatuh pada hari esok tanggal 17 Mei 2018.

Mungkin bagi para ibu hamil untuk yang pertama kalinya akan bimbang, apakah akan ikut menjalani puasa ramadhan ataukah memilih untuk tidak berpuasa demi tumbuh kembang janin.

Kami akan memberikan edukasi bagaimana tips yang bisa diterapkan ibu hamil jika memang akan mengikuti puasa Ramadhan. Simak dibawah ini.

Minum air secukupnya jangan sampai kekurangan

Air merupakan kebutuhan primer untuk tubuh, hal ini untuk menjaga kondisi fisik ibu hamil agar tidak sampai drop selama seharian puasa.

Diwajibkan untuk makan sahur

Banyak orang yang merasa kuat berpuasa seharian meskipun tanpa makan sahur. Hal ini sangat tidak disarankan bagi ibu yang sedang hamil.


Pasalnya gizi yang ada dalam tubuh tidak hanya dikonsumsi sendirian, ibu hamil harus berbagi dengan sang buah hati.

Minum madu atau yang manis-manis

Dengan mengkonsumsi manis-manis saat sahur maka tubuh akan terjauh dari rasa lemas karena perannya dalam menjaga kelembaban tubuh agar terhindar dari dehidrasi, selain itu madu juga dipercaya dapat melancarkan BAB.

Hindari makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan kontraksi pada perut ibu hamil.

Sisihkan waktu istirahat sebanyak mungkin


Meskipun anda seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya sangat padat dan merepotkan anda yang saat ini sedang hamil harus meluangkan waktu untuk istirahat. Jangan sampai kondisi tubuh menjadi drop.

Sekali-kali biarkan sumai anda yang mengabil alih tugas rumah tangga.

Tahan nafsu saat berbuka

Setelah seharian berpuasa dan merasa sangat lapar tetap jangan sampai gelap mata saat datanya waktu berbuka, berikut merupakan adab berbuika puasa bagi ibu hamil demi kesehatannya:
  1. Hindari minuman dingin, hal ini dapat menyebabkan nyeri diperut, jika tetap ingin berbuka dengan yang segar bisa menggunakan alternatif jus buah.
  2. Makan secara perlahan, jangan biarkan perut anda kaget.
  3. Usahakan mengkonsumsi kurma, sesuai ajaran nabi konsumsilah buah kurma saat berbuka, maka anda akan mendapat kebaikannya.
Demikian Tips puasa ramadhan bagi ibu hamil, jika ada niat maka jangan ragu untuk melaksanakan puasa ramadhan. Insya'Allah berkah bagi kandungan dan calon buah hati.

<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips puasa ramadhan bagi ibu hamil"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel