Cara mengatasi sembelit pada bayi

Cara-mengatasi-sembelit-pada-bayi

Bayi sembelit merupakan situasi yang pasti akan terjadi dalam fase bayi.

Bayi kesusahan untuk buang air dan mengakibatkan frekuensi AB menurun.

Pada normalnya bayi akan buang air sebanyak 5-8 kali dalam sehari, namun jika bayi anda BAB kurang dari jumlah tersebut dalam waktu beberapa hari, alangkah lebih baiknya anda sebagai orang tua mengambil sebuah tindakan.

Banyak penyebab dari sembelit atau susah BAB dari bayi antara lain :


1. Bayi mengkonsumsi susu formula, hal ini terjadi karena susu formula relatif lebih sulit untuk dicerna oleh system pencernaan bayi.

2. Dibiasakan untuk makan makanan padat, bagi sebagian orang tua hal ini bias menjadi latihan bagi bayi untuk mengkonsumsi makanan selain susu. Namun sering kali hal ini lah yang sering menyebabkan sembeli pada bayi, karena kekurangan cairan dan makanan yang dicerna rendah serat.

3. Dehidrasi, kekurang cairan juga bisa menjadi penyebab sembelit pada bayi, kekurang cairan akan membuat feses atau kotoran bayi menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

4. Sakit, pada kemungkinan ini, bayi memang sedang mengalami gangguan pencernaan atau kesusahan dalam menyerap makanan, bias karena alergi pada makanan atau hal-hal lain.


Cara mengatasi sembelit pada bayi

1. Rentangkan bayi dan rebahkan, gerakan kaki bayi seperti orang yang sedang mengayuh sepedah. Hal ini akan membuat feses bayi perlahan turun ke anus.

2. cara kedua yakni dengan membasahi ujung thermometer atau benda yang mirip dengan minyak dan masukan ke anus bayi,secara perlahan. Hal ini memungkinkan bayi BAB karena rangsangan minyak tadi.

3. Jika bayi sedang mengkonsumsi susu formula, pastikan takaran yang digunakan sudah tepat, jangan sampai terlalu encer.

4. Jika bayi sedang balajar makan, maka direkomendasikan untuk memberikan konsumsi air secara lebih untuk mencegah dehidrasi.

Para orang tua dapat menggunakan 4 cara diaatas, jika bayi masih sembelit dan susah BAB harap bawa bayi ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Terimakasih.

<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengatasi sembelit pada bayi"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel