7 kebiasaan penyebab wajah bruntusan pada remaja SMA

penyebab-wajah-bruntusan.jpg
7 penyebab wajah bruntusan, di titipkan pada google.co.id
Meski bukan penyakit serius, namun wajah bruntusan juga bisa mengurangi rasa percaya diri terutama saat masa-masa remaja. Anda akan merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman karena kulit mengalami gatal-gatal, terbakar, panas, dan timbul bintik-bintik.

Sadarkah anda jika wajah bruntusan bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Sebelum anda mengalaminya, coba cari dan temukan kebiasaan apa saja yang dapat memicu kulit bruntusan. Anda bisa mendapatkan jawaban tersebut dengan membaca rangkuman dibawah ini, silahkan baca pelan-pelan sampai selesai dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

1. Jarang membersihkan wajah
Setelah melakukan aktifitas sekolah  atapun kegiatan ekstra kurikuler, tubuh anda akan merasa lelah dan seringkali membuat anda lupa akan membersihkan wajah. Padahal kebiasaan ini sebenarnya dapat memicu bruntusan pada kulit.

Meski anda merasa capek dan butuh istirahat, tapi apapun alasannya harus tetap membersihkan wajah.

Debu dan kotoran akan menyebabkan kulit gatal dan sakit. Ini adalah pertanda timbulnya bruntus pada tahap awal. Nah sebelum itu terjadi, jangan malas untuk cuci wajah ya nona nona.

2. Mencuci wajah terlalu sering
Niat mencuci wajah juga dapat berakibat buruk jika tidak dilakukan dengan tepat. Salah satunya adalah kebiasaan mencuci wajah terlalu sering yang mngakibatkan produksi minyak alami dari jaringan kulit menghilang. Akibatnya, kulit menjadi kering, sakit, kurus dan kusam.

Inilah yang akan menyebabkan wajah bruntusan. Jadi idealnya cuci muka itu dilakukan 2-3 kali sehari. Pagi hari, siang hari saat istirahat sekolah, dan malam sebelum tidur. Sisanya, anda hanya mencuci muka dengan air dingin tanpa perlu melakukan facial. Dengan cara itu anda akan terhindar dari wajah yang tampak  kusam.

3. Menggunakan produk kecantikan yang salah
Kosmetik juga merupakan salah satu penyebab wajah bruntus. Banyaknya produk kosmetik baru dipasaran selalu menarik konsumen untuk membeli. Sayangnya dalan membeli tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup. Kebanyakan dari mereka hanya termakan promosi dengan model-model yang dari sononya sudah cantik.

Sadarilah, tidak semua kosmetik itu cocok buat kulit anda. Jika ternyata produk tersebut mengandung iritan, karena tidak cocokan antara kulit dengan bahan yang terkandung maka dapat mengakibatkan kulit bereaksi. Reaksi inilah yang dapat menimbulkn masalah bagi kulit. Misalnya ada bintik-bintik, ada yang gatal, panas dan bruntusan. Untuk itu jangan hanya tergiur dengan iklan promosi kosmetik. Pilihlah kosmetik yang berbahan sesuai dengan kulit anda.

4. Menggunakan kosmetik terlalu tebal
Selain harus hati-hati dalam memilih kosmetik, pastikan juga tidak menggunakan kosmetik secara berlebihan. Menggunakan kosmetik terlalu tebal juga tidak baik bagi kulit.

Tumpukan kosmetik diwajah akan membuat kulit terasa lebih berat dan menutupi pori-pori wajah. Kondisi ini yang akan menyebabkan kulit tidak bisa bernapas dengan baik sehingga kulit menjadi kering dan gatal. Sebaiknya anda menerapkan kosmetik secara alami saat berangkat kesekolah dan jalan-jalan luar rumah. Kecuali untuk pesta, anda bisa menggunakan tertentu yang tidak terlalu berat. Agar kulit wajah dapat bernapas secara leluasa.

5. Cuaca yang tak pasti
Untuk poin ini meruapakan kondisi di luar kemampuan kita. Solusinya adalah selalu siap sedia pelembab yang praktis, yang tinggal semprot kapan saja. Berikan pelembab yang aman bagi kulit sensitif untuk melindungi lapisan kulit yang terpapar udara luar.

6. Tidak minum air putih dengan cukup
Untuk melembabkan kulit, diperlukan asupan cairan yang cukup. Aktifitas dikamar ber AC dan terkena matahari luar merupakan pemicu kulit dehidrasi, termasuk wajah.

Jadi dirankan untuk konsumsi air minimal 8 gelas sehari. Dengan begitu stamina dan kelembaban kulit anda akan tetap terjaga sepanjang waktu.
baca juga tips menerapkan CTMP perawatan kulit

7. Jarang makan sayuran
Kulit jering merupakan pemicu utama bruntusan. Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk konsumsi serat yang sangat kurang. Padahal serat dapat mencegah kulit kering yang bisa meminimalkan timbulnya alergi dan iritasi.

Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, makanlah buah dan sayuran yang rajin. Kedua makanan ini mengandung serat alami. Anda bisa mengolah sayuran dan buah menjadi jus atau makanan lezat.


<--- Puaskah anda dengan artikel ini? --->
<--- jika tidak puas, tolong tulis komentar di kotak bawah atau kirim saran disini, terimakasih. --->

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 kebiasaan penyebab wajah bruntusan pada remaja SMA"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel