Pembahasan metode CTMP perawatan kulit

Setelah kemarin membahas tips menerapkan CTMP bagi kulit, sekarang saatnya untuk masuk ke pembahasan tentang CTML lebih mendalam.

merawat kulit

Merawat kulit dengan rutin merupakan aktifitas penting untuk menjaga kulit agar tetap bersih, terlidungi, sehat dan bersih. Oleh karena itu penting untuk melakukan cleaing, toning, moisturising dan protecting atau yang biasa kita kenal CTMP.

Merawat  kulit dengan rutin

Sangat penting untuk mengetahui jenis kulit sebelum menggunakan produk apapun pada kulit anda. Ini karena produk yang nantinya akan anda pilih sangat bergantung dengan jenis kulit yang anda punya. Untuk mengetahui jenis kulit yang anda miliki bisa menghubungi langsung dokter kulit profesional disekitar anda atau bisa cek cara mengetahui jenis kulit disini.

Cleaning

Cleaning disini ada beberapa tipe. Mereka yang memiliki kulit kering harus menggunakan pembersih krim sementara mereka yang memiliki kulit berminyak harus menggunakan obat pembersih dengan kandungan salicylic acid yang dirancang untuk mengurangi jerawat.

Cuci muka dengan air hangat bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan mencegah pori-pori tersumbat. Kemudian oleskan cleanser dengan gerakan melingkar secara lembut atau dengan usapan lembut keatas dan bilas hingga bersih dengan air dingin utuk menutup pori-pori.

Tips: jangan sekali-kali menggunakan air terlalu panas atau terlalu dingin.

Toning

Toner bertugas mengilangkan sisa pembersih atau cleanser pada kulit anda.  Selalu gunakan toner yang memang diformulasikan untuk jenis kulit anda. Mereka yang memiliki kulit yang kering sebaiknya menggunakan toner bebas alkoholl, yang biasa disebut tonik.

Toner diaplikasikan dengan bantuan bola kapas, dengan memberikan sentuhan ke atas dengan lembut.

Moisturising

Sama seperti cleanser, moisturising juga memiliki beberapa jenis. Jika anda memiliki kulit kering gunakanlah pelembab berbahan dasar minyak atau krim, jika kulit sangat sensitif hindari pelembab yang mengandung alpha hydroxy acids [AHA's] dan gunakan pelembab yang dirancang khusus untuk kulit sensitif dengan menggunakan produk hypoallergenic. Sementara mereka yang memiliki tipe kulit berminyak harus memilih pelembab berbahan dasar gel atau yang mengandung tabir surya.

Baca juga: menebalkan rambut yang rontok parah

Protecting

Gunakan sun blok degan SPF 15 atau 30, tergantung dengan aktvias anda 20 - 30 menit sebelum terkena sinar matahari.

Warna coklat pada kulit merupakan hasil paparan sinar ultraviolet matahari. Jika jumlah paparan sinar matahari atau sumber ultraviolet lainnya melebihi kemampuan pigmen pelindung tubuh maka kulit kita seolah-olah akan terbakar.

Dermatologis sendiri mengklasifikasikan tingkat kepekaan kulit terhadap sinar matahari dengan menggunakan sistem penilaian Fitzpatrick Classification of Skin Types.
  • Tipe 1: sangat sensitif, mudah terbakar dan berubah menjadi merah jika terpapar sinar matahari, tidak pernah tan
  • Tipe 2: sangat sensitif,mudah terbakar dan berubah menjadi merah jika terpapar sinar matahari, tan setelahnya
  • Tipe 3: sensitif, terbakar hingga menjadi merah, berwarna coklat secara bertahap dengan tan muda
  • Tipe 4: sensitif taraf sedang, jarang merah, gampang berubah menjadi coklat
  • Tipe 5: sensitif taraf ninimal, jarang terbakar, berubah menjadi coklat atau coklat tua
  • Tipe 6: tidak pernah terbakar, terlalu berpigment, warna hitam
tipe-tipe kulit
info: jika ingin tahu apa itu tan bisa lihat disini

Kulit coklat lebih baik dicegah daripada diobati. Tabir surya merupakan salah satu cara efektif untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB yang mana dapat menyebabkan kebakaran kulit dan munculnya sel kanker kulit. Menggunakan tabir surya dengan hight sun protection factor (SPF) sangat dianjurkan. Biasanya dianjurkan menggunakan SPF dengan rate 30 atau lebih. Sangat disarankan menggunakannya 15 - 30 menit sebelum terkena sinar matahari, dan aplikasikan ulang setiap jam dan sesudah berenang.

Ada 2 cara untuk mengatasi warna coklat. Salah satunya dengan melembabkan dan kelupas kulit secara perlahan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu pembentukan sel kulit baru. Setiap 3 minggu, sel-sel kulit akan diisi kembali, dan sel kulit baru akan naik dari tingkat epidermis paling rendah.

Tujuan dari pengelupasan kulit adalah untuk membuat jalan bagi sel kulit baru dengan menyingkirkan sel kulit yang telah mati.

Baca juga: putihkan wajah dengan susu Bear Brand

Yang kedua adalah melakukan perawatan penghapusan sinar matahari dengan menggunakan ramuan seperti peptida tirosin, arbutin [agen pemutih kulit], vitamin C, ekstrak murbei, dan ekstrak akar manis, yang membantu mencapai efek pencerahan secara keseluruhan dengan cepat. Ada berbagai perawatan penyisihan tan yang tersedia. Ini membantu menghilangkan tan 70 - 90 persen dalam satu perawatan dan dapat dilakukan setiap minggu atau bulanan.

Sekian dulu terkait bahasan metode CTMP perawatan kulit.
Silahkan keliling blog, masih banyak informasi terkait dunia kesehatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pembahasan metode CTMP perawatan kulit"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-acne/

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-acne/

    ReplyDelete

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel