Cara Mengobati Mata Merah dan Bengkak

Obat Mata Merah dan Bengkak – Mata merupakan organ manusia yang paling peka dan rawan terhadap rangsangan dari luar, terlalu lama menatap layar HP, TV, komputer dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan mata perih dan berwarna merah bahkan bisa sampai bengkak dan berair. 

mata-merah-dan-bengkak
Mata Merah dan Bengkak

Mata merah yang disebabkan karena kerja terlalu berat bisa saja diberikan istirahat yang cukup untuk mengobatinya, namun jika mata merah disertai nyeri (bengkak) dan berair tentunya temen-temen harus berobat dan meminta resep ke doker. Namun, selain ke dokter ada cara alami untuk mengobati mata merah dan bengkak yang bisa dijadikan alternatif buat temen-temen. Berikut merupakan beberapa cara alami unyuk mengobati mata merah dan bengkak:

  • Kompres Menggunakan Air Dingin untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Pertama siapkan kain handuk yang bersih dan lembut, siapkan juga air dingin bersih. Celupkan kain bersih tadi ke dalam air dan segera peras, kemudian seka atau kompres mata yang merah dan bengkak tadi dengan kain tadi.
Saat mengompres, diamkan kain handuk yang telah dibasahi air dingi tadi ke permukaan mata yang merah dan bengkak, diamkan selama 2 menit. Lakukan berulang selama beberapa hari hingga merasa baikan.

  • Menggunakan Irisan Mentimun untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Temen-temen juga bisa mengobati mata merah dan bengkak mengunakan menetimun loh. Cukup siapkan mentimun dan iris-iris mentimun tersebut kemudian cuci hingga bersih, setelah itu letakkan diatas permukaan mata yang merah dan bengkak, dan diamkan selama beberapa menit hingga kandungan alami dari mentimun meresap secara maksimal kedalam mata dengan harapan dapat mempercepat penyembuhan mata merah dan bengkak.

  • Kantong Teh untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Nah kalau yang ini cocok untuk pecinta teh, sambil menyelam minum air, air teh-nya diminum dan kantong teh-nya untuk obat mata. Caranya seduh kantong teh dengan air panas tanpa gula, minum air teh-nya dan gunakan kantong teh untuk mengompress mata. Letakkan kantong teh yang telah diseduh tadi di atas permukaan mata yang merah dan bengkak tadi, diamkan selama beberapa menit hingga kandungan teh hijau dari kantong tehnya meresap dengan baik ke mata.

  • Kunyit untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Kunyit dipercaya memiliki sifat senyawa untuk menguatkan kekebalan dan antiviral yang dapat berfungsi untuk megobati infeksi pada mata. Cara mengunakannya yakni dengan cara mencampurnya dengan air hingga membentuk pasta tipis. Kemudian temen-temen bisa memasukan kain lap bersih kedalam campuran kunyit tersebut, dan kompreslah tepat diatas bagian mata yang merah dan bengkak tersebut.

  • Bawang Putih untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Bawang putih daat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit yang salah satu yaitu penyakit konjungtivitis ini. Hal itu dikarenakan kandungan antibakteri, antioksidan, anti jamur yang dimiliki bawang putih ini sudah terbukti efektif untuk membersihkan infeksi yang menjadi penyebab mata merah ini. Untuk cara penggunaannya, irislah bawang putih, kemudian oleskan pada area atas kelopak mata yang terinfeksi. Cara ini memang dipercaya mampu untuk mencegah atau mengobati infeksi pada mata.

  • Gel Lidah Buaya untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Untuk mengobati mata merah dan bengkak, temen-temen bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang mana gel yang ada pada lidah buaya ini memang bersifat sebagai sistem kekebalan yang membantu mempercepat penyembuhan infeksi pada mata. Caranya pun cukup mudah yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya ini pada bagian sekitar kelopak mata yang merah dan bengkak dengan menggunakan tisu atau lap bersih.

  • Lemon untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Kandungan yang bersifat antiseptik dan antibakteri yang terdapat dalam lemon ternyata juga bermanfaat untuk mengobati penyakit mata merah dan bengkak. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan jus lemon menggunakan sedikit air, lalu anda bisa mengoleskannya dengan lap bersih dalam bentuk kompresan. Namun temen-temen perlu berhati-hati, jangan sampai mengoleskannya secara langsung dibagian mata.

  • Madu untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan saja, namun kandungan antibakterial yang ada pada madu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit konjungtivitis ini. Caranya yaitu dengan mecampurkan madu bersama susu hangat, lalu oleskan dibagian kelopak mata yang merah dan bengkak. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari secara rutin, supaya infeksi dimata anda bisa secepatnya dibersihkan.

  • Teh Hijau untuk Obat Mata Merah dan Bengkak

Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan kantong teh. Namun tidak ada salahnya jika kita membahas tentang teh hijau sendiri untuk obat mata yang merah dan bengkak. Teh hijau ini banyak mengandung antioksidan, makanya banyak orang untuk memilih mengonsumsi minuman teh hijau ini untuk menjaga kondisi kesehatannya. Tak hanya itu manfaat yang bisa kita ambil dari teh hijau ini pun ternyata bisa digunakan untuk mengobati mata merah karena infeksi dan juga peradangan. Caranya yaitu dengan memasukkan kantong teh hijau didalam air panas, lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu tempatkan kantong teh tersebut tepat diatas mata yang terkena infeksi. Biarkan beberapa menit hingga senyawa organik serta nutrisi yang terkandung dalam teh hijau ini bisa meresap kebagian mata.

Sekian dulu dari Trisnan, udah capek hahaha, semoga saya dan teman-teman selalu sehat dan berada di lindunganNYA. Dan semoga mata temen-temen diberikan kesembuhan, amiiin. 

Sekian Terimakasih.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, maka kamu akan menang diseribu pertempuran”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Mata Merah dan Bengkak"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel