Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah yang mengurangi kepercayaan diri seorang wanita. Wajah terlihat kasar, pori-pori besar, dan tidak enak dilihat oleh mata. Wanita yang memiliki komedo, tentu berusaha keras untuk menghilangkannya. Jangan cemas, berikut yang perlu dilakukan untuk menghilangkan komedo. 

Komedo itu apa sih?
Komedo merupakan benjolan kecil yang ada pada wajah, biasanya disekitar dahi dan hidung. Selain pada area tersebut, komedo juga muncul pada leher, dada, punggung dan lengan. Komedo terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori, penumpukan sel-sel kulit mati, dan produksi minyak yang berlebih. 
Komedo yang muncul dengan kulit atas yang terbuka dinamakan komedo hitam. Hal ini dikarenakan warna permukaan yang hitam karena teroksidasi oleh udara. Sedangkan untuk komedo yang muncul dengan kulit atas tertutup atau dibawah kulit, maka dinamakan komedo putih. Komedo putih cukup sulit untuk dihilangkan tanpa bantuan atau anjuran dari dokter spesialisnya. Sehingga kali ini akan dibahas tentang cara menghilangkan komedo dengan kulit terbuka (komedo hitam).

Penyebab komedo
Di bawah kulit terdapat folikel rambut yang terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak. Kelenjar minyak ini berfungsi untuk memproduksi minyak yang digunakan untuk menjaga kulit agar tetap halus. Tetapi, produksi minyak yang berlebih tetap tidak baik untuk wajah, justru akan menimbulkan masalah baru. Adanya minyak yang berlebih, sel kulit mati serta kotoran terkumpul pada pori-pori yang tersumbat, akan menyebabkan timbulnya komedo. Ujung folikel rambut yang berbuka akan menimbulkan komedo hitam. Berikut merupakan faktor penyebab timbulnya komedo:
  • Jumlah bakteri komedo yang meningkat,
  • Sel kulit mati tidak hilang secara teratur karena adanya iritasi pada folikel rambut,
  • Perubahan hormon sehingga produksi minyak meningkat (masa pubertas, menstruasi),
  • Mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi,
  • Penggunaan produk rambut yang berminyak.


Pencegahan
Pencegahan lebih mudah dari pada pengobatan. Supaya wajah terhindar dari komedo, maka lakukan kegiatan berikut:
  • Jagalah kebersihan wajah. Cuci muka 2 kali sehari dengan sabun cuci muka yang ringan yaitu sebelum dan sesudah tidur. Hal ini dapat mengurangi penumpukan minyak yang ada di wajah. Tetapi jangan terlalu sering mencuci muka, hal ini dapat membuat wajah kering dan iritasi kulit. Selain itu, hindari menyetuh wajah ketika tangan kotor dan ganti serta cuci sarung bantal secara teratur.
  • Perhatikan produk kecantikan yang digunakan. Pilihlah kosmetik yang tidak mengandung minyak.
  • Jaga kebersihan rambut. Cuci rambut setiap hari untuk menghilangkan minyak rambut.
  • Kupas sel-sel kulit mati secara teratur. Hal ini dapat dilakukan dengan scrub dan masker wajah.
Pengobatan
Komedo yang terlanjur muncul pada area wajah, dapat dihilangkan dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Ekstraktor Komedo
Ekstraktor komedo merupakan alat yang digunakan untuk menghilangkan komedo. Berikut tahap-tahap penggunaannya:
  1. Sterilkan ekstraktor dengan menggunakan alkohol
  2. Cuci wajah hingga bersih
  3. Dekatkan wajah pada uap air panas
  4. Tekan permukaan kulit pada area komedo yang dibantu dengan ekstraktor
  5. Sterilkan kembali ekstraktor jika akan beralih ke komedo lainnya
  6. Lembabkan area wajah yang komedonya telah terangkat menggunakan penyegar atau es.
  7. Hindari penggunaan kosmetik setelah komedo terangkat hingga beberapa waktu
Cara ini cukup berisiko jika tidak tepat dalam penanganannya.
  • Strip Pori
Skrip ditempelkan pada area yang berkomedo, kemudian di kelupas setelah beberapa saat. Komedo akan menempel pada skrip yang kemudian terangkat saat skrip dikelupas. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu membeli skrip di toko-toko terdekat, dan langsung menggunakannya sesuai aturan. Tetapi cara ini juga cukup berisiko, karena kemungkinan dapat mengangkat lapisan epidermis kulit.
  • Penggunaan Bahan Alami
Penggunaa bahan alami dianggap lebih aman daripada cara-cara lainnya. Tetapi tetap masih perlu penelitian medis lebih lanjut untuk mengetahui kegunaan dan keamanannya. Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo:

Madu dan kayu manis
Campurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah yang berkomedo diikuti dengan gerakan memutar. Lakukan kurang lebih selama 3 menit. Setelah selesai, basuh wajah menggunakan air hangat hingga bersih.




Putih telur
Pisahkan putih dan kuning telur. Olehkan putih telur pada area komedo hingga merata. Tunggu selama 2 menit untuk tahap pertama. Setelah kering, oleskan kembali putih telur yang tersisa. Kemudian diamkan hingga 10 menit. Setelah selesai, basuh meggunakan air hangat hingga bersih.

Campuran jus lemon, yoghurt, madu, dan garam
Campurkan jus lemon dan satu sendok teh yoghurt, madu serta garam. Oleskan campuran tersebut diikuti dengan pijatan memutar. Lakukan selama 2 – 3 menit, yang kemudian dibasuh dengan air hangat hingga bersih.

Gelatin dan arang aktif
Campurkan 1 sendok teh gelatin, 1 sendok teh arang aktif dan satu sendok teh air. Setelah tercampur rata, masukkan ke dalam microwive untuk di panaskan selama 10 detik. Oleskan pada area yang berkomedo setelah pasta tidak terlalu panas. Tunggu hingga kering, kemudian kupas lapisan masker dengan hati-hati. Komedo akan menempel pada masker tersebut.
  • Periksa ke Dermaologis
Cara menghilangkan komedo ke dermatologis, biasanya dapat disesuikan dengan kondisi kulit dan jenis komedo. Dapat dilakukan dengan terapi laser dan cahaya yang dapat mengurangi produksi minyak. Selain itu, dapat dilakukan pula Chemical peels yaitu dengan menggunakan bahan kimia untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Dapat pula dilakukan dengan cara-cara lainnya yang dianjurkan oleh dokter spesialis yang dikunjungi.

Sumber : www.alodokter.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Menghilangkan Komedo"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di www.rahma-store.com

    ReplyDelete

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel