Mengatasi Nyeri Datang Bulan Menstruasi

Nyeri Haid – Sering disebut dismenorea atau keram perut yang menyerang perut bagian bawah yang muncul sebelum atau saat menstruasi. Nyeri atau keram akan terasa didaerah perut bagian bawah dan mungkin akan merambat hingga ke pinggul hingga berpotensi mengganggu kegiatan harian. Untuk rentang waktunya juga berbeda-beda, tergantung dari individunya teman-teman, ada yang sehari, dua hari, bahkan lima hari. 
Ilustrasi Nyeri Haid

Nyeri haid diakibatkan zat yang menyerupai hormon (prostaglandin) terlibat dalam rasa sakit dan peradangan yang memicu kontraksi otot rahim, semakin tinggi tingkat protaglandin maka sensasi kram juga akan semakin berat. 

Nyeri haid akan sangat dirasakan pada orang yang memiliki riwayat menstruasi dini (umur kurang dari 12 tahun), ditandai dengan keluarnya darah haid yang lebih banyak dari umumnya, atau pada remaja cewek di tahun-tahun awal menstruasi. Namun dalam beberapa kasus nyeri haid juga masih akan dirasakan pada orang dewasa meskipun hanya dengan rentang waktu sehari. Nyeri haid dapat juga terjadi dikarenakan kondisi tertentu atau penyakit, misal penyakit seksual menular, kita ovarium, ataupun masalah spiral.

Penyebab Munculnya Nyeri Haid pada Wanita
Pengetahuan ini tidak hanya penting buat kaum hawa, namun kaum adam juga patut untuk mengetahui bab-bab terkait nyeri haid karena meskipun temen-temen laki-laki nantinya juga akan mempunyai istri dan anak (perempuan). Nah supaya kita tidak khawatir atau mengatasi nyeri saat haid perlu kita ketahui penyebab-penyebabnya, dibawah ini merupakan penyebab umum terjadinya nyeri haid:
  • Otot rahim berkontraksi hingga menekan pembuluh darah sekitar yang mengakibatkan pasokan oksigen dalam rahim terhambat dan memicu sensasi nyeri di bagian bawah perut.
  • Sembilan dari sepuluh wanita akan mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman saat menstruasi, jadi sudah umumnya ya kejadian itu terjadi apada ladies-ladies dan gak perlu kaget.


Pengobatan Sederhana untuk Nyeri Haid
Pada point dibawah ini merupakan perawatan secara tradisional murah meriah dan juga bisa dijadikan referensi buat teman-teman untuk mengurangi rasa sakit nyeri haid yang sekiranya kekurangan rupiah untuk berobat ke dokter atau beli obat nyeri di apotek, cocok nih buat anak rantau yang sedang kuliah hahaha, berikut merupakan obat maupun perawatannya:

  • Kompres perut dengan air hangat, rasa nyeri akan berkurang dengan mengkompres air hangat. Basahi handuk atau alat kompres dengan air hangat dan tempelkan ke bagian perut yang terasa nyeri.
  • Minum minuman hangat, perbanyak konsumsi air hangat dapat meredakan nyeri pada perut. Air hasil rebus jahe bersih atau sup bening merupakan alternatif terbaik.
  • Berbaring, untuk meningkatkan rasa nyaman berbaringlah ke tempat yang empuk-empuk seperti sofa ataupun kasur terutama jika temen-temen mengalami nyeri dibagian punggung. Taruh bantal dibawah lutut dan biarkan tubuh rileks dengan menutup mata, bernafas secara perlahan dan teratur hingga merasa nyaman.
  • Lakukan pijatan, pijatan ringan di perut bagian bawah akan mengurangi nyeri saat haid, teman-teman jugadapat menggunakan minyak kayu putih untuk menambah sensasi hangat.
  • Minum jamu, temen-temen bisa menggunakan rempah-rempah yang ada di dapur sepert kunyit dan asam jawa. Kalau pengen praktis bisa beli di depot jamu tradisional, murah kok paling sekitar sepuluh ribuan.
  • Makan biji-bjian utuh, menurut penelitian biji-bjian yang mengandung vitamin B6 akan bermanfaat untuk mengurangi gejala sindrom menstruasi.
  • Perhatikan pola makan, kurangi konsumsi garam untuk mengurangi pembengkakan, nyeri payudara dn pusing. Kurangi kafein untuk mengurangi gejala depresi, dan kurangi alkohol untuk mengurangi stres dan kepala mual.
  • Konsumsi vitamin, kalsium dan vitamin D merupakan alternatif terbaik untuk mengurang nyeri haid. Konsumsi jauh hari sebelum waktu  haid datang. Usahakan memium kalsium bersamaan dengan vitamin D karena akan memperlancar penyerapan kalsium.
  • Olahraga ringan, ini akan mengurangi nyeri haid dan nyeri otot terutama di daerah punggung dan perut bagian bawah. Olahraga merpakan pembangkit energi tubuh alami sehingga meringankan rasa kelelah. Namun, jangan dilakukan secara berlebihan ya teman-teman, karena semua yang berlebihan itu tidak baik.


Sekian dulu dari Trisnan, udah capek hahaha, semoga saya dan teman-teman selalu sehat dan berada di lindunganNYA, Sekian Terimakasih.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, maka kamu akan menang diseribu pertempuran”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengatasi Nyeri Datang Bulan Menstruasi"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel