Cara Menghilangkan Jerawat Wajah


Jerawat- Halo temen-temen, kali ini Trisnan akan membahas terkait jerawat,, yak, benda yang menjegkelkan, yang berpotensi merusak kehidupan remaja dan hampir semua orang pernah mengalaminya. 

Ilustrasi Penderita Jerawat
Trisnan sendiri menderita kejerawatan pertama kali saat menginjak sekolah SMP kelas 2, banyak jerawat yang muncul di pipi, dahi, dagu, hampir semua wajah deh pernah dihinggapi si jerawat ini. Akibatnya pun tak tanggung-tanggung, wajah yang semula unyu-unyu dan banyak yang suka menjadi wajah yang amit-amit dan cenderung dihindari temen sekelas (wkwkwk ngenes banget dah), tingkat kepercayaan diri Trisna pun melorot jatuh bebas, dari yang awalnya anak yang ceria dan banyak teman hingga menjadi anak yang pendiam dan pemalu, lebih parahnya sering dijadikan objek bullyyan.Nah, dari pahitnya pengalaman tersebut, Trisnan gak pengen lihat kejadian tersebut menimpa pada teman-teman, untuk itu dalam kesempata kali ini Trisnan akan mengajak bagaimana mengenali jerawat dan apa-apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari hinggapnya “sang jerawat”. Perlu digaris bawahi, jika kita tidak bisa menghilangkan jerawat secara 100% paling tidak kita telah berusaha mencegah dan mengurangi dampak terburuk dari timbulnya jerawat, ingat “usaha tidak menghianati hasil, begitupun sebaliknya”.

Kenali Sumber Jerawat
Seperti kata pepatah dari bang Sun Tzu “Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan perang, dan kau akan memenagi seribu pertempuran”.

Pembaca : lah terus apa kak hubungan pepatah tersebut dengan jerawat?
Tristan : Gak ada hubungan apa-apa kok dek, Cuma pengen ngutip aja, keren kan pepatahnya hahaha
Pembaca : *gubrak*

Canda…
Begini nih ceritanya, misalkan musuh diatas adalah si jerawat, kita lagi ada misi memerangi si jerawat agar pergi dari dunia per-wajahan kita, nah salah satu yang harus kita lakukan adalah mengenali jerawat lebih mendalam, mulai dari faktor penyebabnya hingga cara/tips untuk mengatasinya. Menurut pengensehat.com, faktor penyebab jerawat itu ada beberapa faktor mulai dari hormonal, faktor kebersihan wajah, hingga faktor makanan-makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dari Berikut merupakan penjelasannya :

Faktor Hormonal
Hal ini terjadi saat hormon progesteron menghasilkan minyak berlebih, minyak yang berlebih akan mengakibatkan mudahnya wajah kita tertempel debu atau kotoran dari luar, nah debu dan kotoran tersebut berpeluang untuk menyumbat pori-pori kulit wajah kita sehingga dapat menghasilkan jerawat.
Ilustrasi Hormon
Hal ini terjadi saat-saat masa pubertas, menstruasi dan ibu-ibu hamil. Jadi jangan heran kalau ada orang dengan ketiga ciri tersebut jerawatan, kalau Trisnan ngalaminnya waktu masa pubertas tuh, masa SMP, masa-masa cinta monyet wkwkw.

Faktor Kebersihan Wajah
Kebersihan kulit wajah yang tidak dijaga merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat, hal itu menyebabkan debu menempel dan mengendap ke kulit menutup pori-pori hingga menjadi jerawat. Faktor ini akan diperparah jika teman-teman mempunyai jenis kulit yang berminyak, debu-debu jalanan akan mudah untuk menempel dan menimbulkan jerawat dalam jumlah banyak, sereeem.


Faktor Makanan
Bagi penyuka gorengan sebaiknya pikir-pikir dulu deh karenan makanan berminyak merupakan salah satu penyebab wajah ber-jerawat. Kalau memang saking sukanya sama makanan berminyak, paling tidak cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit.


Gorengan
Selain makanan berminyak, alergi juga bisa menimbulka jerawat terkait faktor makanan seperti alergi makanan laut, udang, susu dan lain sebagainya, oleh karena itu kenali diri temen-temen, makanan mana yang mebuat alergi dan tidak, kemudian sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang menyebabkan alergi tersebut.

Secara Umum, Berikut Merupakan Penyebab Umum Munculnya Jerawat

  1. Faktor Usia, fase pertamana jerawat umumnya muncul pada umur 10-15 tahun dan akan mulai hilang pada umur 25 tahun. Fase kedua umur 40-50 tahun dengan peluang 7%.
  2. Faktor Genetik, kalau yang ini memang sulit untuk dihindari.
  3. Banyaknya hormon testosteron pada laki-laki.
  4. Garuk wajah yang menimbulkan infeksi
  5. Sel kulit mati yang menutup pori-pori
  6. Konsumsi minuman soda/beralkohol dan merokok
  7. Kurangnya vitamin A dan vitamin B
  8. Memencet dan memegang jerawat dapat memicu munculnya jerawat dititik lain
  9. Wajah kurang bersih, cuci wajah yang teratur namun jangan sering-sering
  10. Pikiran stress, perlu di perhatikan untuk  temen-temen yang masih menempuh pendidikan
  11. Rambut kotor dan menempel ke-wajah,,, see this para ladies
  12. Darah kotor cuy
  13. Memakan coklat terlalu banyak, menurut Dr. Ava Shamba, sebenarnya bukan coklat yang menimbulkan jerawat melainkan tingginya kadar gula dan lemak lah yang menyebabkan produksi minyak berlebihan dan menimbulkan jerawat. Jadi boleh saja mengkonsumsi coklat namun dengan batas wajar ya teman-teman.

Pemahaman yang Salah Terkait Jerawat
Banyak yang tidak terlalu mengenal tentang jerawat sehingga sering muncul pemahaman yang salah dan cenderung lucu seperti dibawah ini:
  • Jerawat itu menular, temen-temen bisa tertular jerawat ketika orang disekitar berjerawat
  • Meremas komedo merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan.
  • Aktivitas seksual dan memicu munculnya jerawat
  • Berjemur baik secara alami maupun buatan dapat mengobati jerawat.
Semua pernyataan diatas tidak benar dan tidak direkomendasikan untuk di praktikan.

 Obat Tradisional Jerawat
Pada point dibawah ini merupakan perawatan secara tradisional dan juga bisa dijadikan referensi buat teman-teman untuk menghilangkan jerawata yang sekiranya kekurangan rupiah untuk berobat ke dokter atau beli obat jerawat di apotek, cocok nih buata anak rantau yang sedang kuliah hahaha, berikut merupakan perawatannya:

Menggunakan Es Batu
Dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat, siapkan es batu dan bungkus dengan kain, tempelkan ke area jerawata, tahan selama beberapa menit dan lepaskan ketika sudah tidak kuat menahan diginnya, ulangi langkah tersebut hingga sembuh.

Meggunakan Madu
Madu mengandung antibiotik yang sangat tinggi dan mencegah infeksi menyebar akibat jerawat. Siapkan madu alami (buka buatan pabrik), oleskan pada jerawat dengan kapas, tunggu 25-35 menit, bersihkan wajah menggunakan air bersih, lakukan secara rutin hingga hasil maksimal.

Meggunakan buah Lemon
Mengandung vitamin C tinggi dan dapat mengecilakn jerawat dengan cepat. Sediakan 1-2 lemon segar (ingat, harus segar), peras lemon dan taruh air perasaan dalam wadah, basuhkan air perasaan pada wajah dengan menggunakan kapas, lakukan secara rutin ssat malam menjelang tidur.

Menggunakan Bawang Putih
Mengandung sulfur yang efektif mempercepat penyembuhan jerawat. 

Obat Tradisional : Bawang putih
Potong bawang putih 1 siung menjadi 2 bagian, gosokan bawang putih yang telah dipotong ke bagian jerawat, tunggu higan 5-10 menit, cuci wajah dengan air bersih, ulangi secara rutin hingga hasil maksimal.

Menggunakan Buah Tomat
Buah tomat mengandung vitamin A dan Vitamin C yang sangat tinggi, sangat bagus untuk menghilangkan jerawat. Siapkan 1 buah tomat matang (kemerahan), potong hingga menjadi irisan tipis-tipis, tutup area jerawat dengan irisan tomat, diamkan 10-15 menit, ulangi secara rutin hingga hasil maksimal.

Sekian dulu dari Trisnan, udah capek hahaha, semoga saya dan teman-teman selalu sehat dan berada di lindunganNYA, Sekian Terimakasih.

Kenali dirimu, kenali musuhmu, maka kamu akan menang diseribu pertempuran”


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghilangkan Jerawat Wajah"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel