Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Makanan yang dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil – Pada masa kehamilan merupakan masa yang penting bagi seorang calon ibu. Banyak asupan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga tumbuh kembang calon anak / janin. 

makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil


Asupan nutrisi bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang rekomended untuk ibu hamil. Tapi perlu diperhatikan jangan memakan makanan sembarangan, karena ada beberapa makanan yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil bahkan mengancam jiwa sang janin seperti makanan dibawah ini:


  • Daging Mentah

Daging yang disajikan setengah matang sangat tidak bagus bagi kesehatan janin karena berpotensi mengandung virus toksoplasma. Virus ini sangat bahaya bagi janin loh temen-temen, dapat mengakibatkan infeksi pada janin.
Sebelum memasak daging baiknya untuk mencuci daging hingga bersih, alat yang dipergunakan mencincang dan mencuci pun harus dipatikan bersih dan selalu rajin untuk mencuci tangan setelah melakukan kontak langsung dengan daging merah.

  • Telur Mentah

Ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari telur mentah karena berpotensi mengandung bakteri salmonella. Bakteri salmonela dapat membuat ibu hamil muntah-muntah dan diare temen-temen, dan kemungkinan terburuk mengganggu perkembangan janin.
Telur setengah matang banyak ditemukan dalam produk makanan sekitar seperti saus untuk salad, es krim, dan krim kue. Nah untuk itu perlu berhati-hati dalam membeli produk apapun, alangkah lebih baiknya bertanya pada penjual saat hendak membeli.

  • Sayur Mentah

Beberapa jenis sayur sangat sukar untuk dibersihkan jika hanya dengan mencucinya seperti kecambah, tauge, dan daun kemangi. Pada sayuran tersebut berpotensi akan meningalkan bakteri jika sayuran tersebut tidak melalui proses pemasakan. Sebenarnya hal ini sangat tidak bagus bagi semua orang, namun ibu hamil harus sangat mewaspadai.

  • Iklan mengandung Merkuri

Ikan tuna, ikan hiu dan ikan todak (ikan pedang) merupakan salahsatu ikan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan merkuri pada ikan tuna dapat menganggu perkembangan syaraf pada janin. Selain itu, membatasi konsumsi ikan salmon dan ikan laut lainnya perl dilakukan oleh ibu hamil karena terdapat risiko kandungan  polutan dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCBs). Disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan laut lebih dari dua prosi dalam seminggu.

  • Hati

Meskipun hati biasa di kampanye-kan  sebagai makan pendamping ASI bagi bayi diatas enam bulan, hati sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu semasa kehamilan. Baik hati maupun makanan mengandung hati tidak disarankan untuk dikonsumsi. Terlalu tigginya vitamin A dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin semasa kandungan.

  • Produk Susu tanpa Pasteurisasi

Sebenarnya susu sangat disarankan pada masa kehamilan. Namun disarankan untuk menghindari produk susu atau keju yang tanpa melalui proses pasteurisasi karena dapat memicu keracunan makanan. Selain itu, susu tanpa pasteurisasi terdapat risiko adanya bakteri listeria yang dapat menyebabkan infeksi kehamilan.
Selain susu dan keju, sangat disarankan untuk menghindari jus buah yang tanpa melalui proses pasteurisasi. Misal jus yang diproduksi dengan pertanian yang mana dapat mengandung bakteri E-coli.

  • Nangka

Nangka dipercaya dapat menyebabkan keguguran, meskipun belum ada pembuktian secara medis tetap harus diperhatikan oleh ibu hamil.  Menurut keterangan ilmiah, mengkonsumsi nangka dapat menimbulkan gas dan menyebabkan lambung tidak nyaman bagi ibu hamil. Untuk ibu yang sedang hamil muda, nangka juga dapat memperparah morning sickness.

  • Nanas

Bukan rahasia umum lagi kalau nanas dilarang dikonsumsi ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung enzim bromelin. Enzim ini dapat melunakkan dinding rahim dan dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur. Yang paling parah adalah mengkonsumsi nangka muda dan nagka yang belum matang, SANGAT TIDAK DISARANKAN,

  • Alkohol

Jangankan orang hamil, bagi orang normal pun sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi alkohol.  Alkohol dapat memperburuk penyerapan nutrisi pada proses pencernaan di usus halus sehingga dapat mengakibatkan kekurangan nutrisi bagi ibu hamil. Maka sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menghindari konsumsi alkohol.

  • Durian

Buah durian secara alami sudah mengandung alkohol loh temen-temen, jadi sama seperti point diatas maka tidak disarankan bagi ibu hamil. Tantangan ini memang rada berat bagi penyuka durian namun percayalah temen-temen masih bisa mengkonsumsi drian pasca kelahiran.
Makanan Mengandung Kafein
Makanan yang mengandung kafein dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena berpotensi meningkatkan detak jantung dan tekanan darah sehingga dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur jika dikonsumsi berlebihan. 
Selama ini mungkin temen-temen menganggap hanya kopi yang mengandung kafein, padahal masih banyak loh temen-temen minuman disekitar kita yang mengandung kafein seperti:

  • Teh
  • Coklat
  • Soda
  • Dan minuman-minuman energi.


  • Buah Anggur

Pada dasarnya buah anggur sangat bergizi bagi ibu hamil. Namun, buang anggur sangat tidak sarankan untuk dikonsumsi semasa umur kandungan masih satu bulan. Karena buah anggur bersifat panasyang ditakutkan akan mengganggu tubuh ibu hamil dan menyebabkan morning sickness.

  • Makanan mengandung Lemak Trans

Definisi dari lemak trans sendiri adalah lemak yang yang terbentuk akibat proses pemadatan yang berpotensi untuk meningkatkan kolesterol jika dikonsumi secara berlebihan. Efek pada anak sendiri yakni akan menghambat pekermbangan dan berpotensi lahir dengan bobot yang kurang, bahkan jika usia kehamilan muda dapat mmengakibatkan terjadnya keguguran. Untuk meghindari lemak trans ibu hamil perlu memperhatikan konsumsi makanan seperti:

  1. Fast food
  2. Bugget
  3. Gorengan
  4. Margarin
  5. Donat
  6. Cookies
  7. Popcorn
  8. Dan kentang siap goreng .


  • Makanan Pedas

Bagi ibu hamil penyuka pedas harap untuk segera mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan-makan pedas. Makanan pedas dapat memicu asam lambung dan dapat memperparah gejala morning sickness. Selain itu, makanan juga dapat mengakibatkan sakitnya pada lambung dan mengganggu proses pencernaan.

  • Kerang yang Kurang Matang

Ingat temen-temen, kerang sangat peka pada kondisi sekitar dan sering menyerap kondisi-kondisi sekitar. Nah bayangkan jika kerang tersebut hidup pada laut yang kotor, bahaya juga untuk dikonsumsi. Apalagi jika kerang di konsumsi pada kondisi setengah matang, sangat tidak disarankan karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin.

  • Tape

Tape merupakan makanan hasil fermentasi temen-temen. Terbuat dari singkong dengan bantuan ragi. Semua makanan dan minuman yang dihasilkan lewat proses fermentasi itu dilarang temen-temen karena mengandung alkohol. Seperti yang kita bahas diatas, bahwa alkohol dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

  • Keju

Keju merupakan produk susu yang tanpa melalui proses pasteurisasi. Pasteurisasi merupakan proses memenaskan susu yang merupakan bahan utama keju pada suhu 60°C selama 30 menit yang bertujuan membunuh bakteri pada susu. Beberpa jenis keju impor yang tidak melalui pros pasteuriasi meliputi:

  1. Kerju brie
  2. Keju camembers
  3. Keju feta
  4. Blue cheese
  5. Roquett


Sekian dulu dari Trisnan, udah capek hahaha, semoga saya dan teman-teman selalu sehat dan berada di lindunganNYA. Dan semoga kandungan temen-temen diberikan kesehatan hingga lahir sehat tanpa kekurangan apapun, amiiin. 

Sekian Terimakasih.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, maka kamu akan menang diseribu pertempuran”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel