Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak – Gusi bengkak atau dalam medis biasa disebut gingivitis merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada area gusi. Tingkat kerparahannya pun bervariasi, ada yang biasa ada yang sedang bahkan ada yang parah hingga rasa sakit menjalar ke semua gigi.

Gusi-Bengkak
Gusi Bengkak

Gaya hidup yang tidak sehat merupakan penyebab terbesar dalam urusan gusi bengkak. Sering merokok, tidak pernah atau jarang menggosok gigi, dan sering makanan –makanan keras yang dapat melukai gusi yang memicu terjadinya radang.

Penyebab Terjadinya Bengkak pada Gusi
Gusi merupakan bagian gigi yang mempunyai peran paling besar. Mempunyai banyak pembuluh darah yang terdapat dibagian bawah gigi, wajar saja jika terdapat kerusakan terhadap gusi rasa sakitnya akan menjalar ke semua gigi yang lain.

Nah perlu diketahui temen-temen, gusi bengkak ini menyerang orang tanpa pandang usia loh, tua, muda, anak kecil semua bisa di hinggapi masalah gusi bengkak. Banyak penyebabnya salah stunya telah di tuliskan diatas dan selebihnya ada dibawah ini:

  • Nutrisi gigi kurang.
  • Kebersihan gusi kurang karena jarangnya sikat gigi.
  • Cara sikat gigi yang kurang benar.
  • Mempunyai riwayat penyakit diabetes.
  • Dan adanya jamur


Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Obat Alami
Berikut ini cara untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan rasa sakit gusi bengkak dengan obat dan ramuan alami yang murah meriah:

  • Temukan Faktor Penyebabnya

Nah sebelum melakukan tindakan pengobatan, alangkah lebih baiknya temen-temen untuk mengetahui apa penyebabnya gusi bengkak. Setelah tahu apa penyebabnya usahakab untuk menghindari di kemudian hari.
Semisal gusi temen-temen bengkak karena sikat gigi yang sering menggesek  dan memicu  luka, maka temen-temen direkomendasikan untuk mengganti model sikat gigi yang sesuai dengan struktur mulut temen-temen.

  • Berkumur dengan Air Garam Hangat untuk Mengobati Gusi Bengkak

Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas dan tambahkan satu sendok makan garam dapur. Aduk hingga garam larut dalam air sempurna dan gunakan air tersebut untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama ke bagian gusi yang mengalami pembengkakan. Ulagi selama 4-5 kali sehari.
Air garam dipercaya mempunyai sifat antibakterial yang berfungsi untuk membunuh bakter-bakteri penyebab gusi bengkak.

  • Manfaatkan Kantong Teh untuk Mengobati Gusi Bengkak

Celupkan kantong teh kedalam air panas kemudian angkat dan biarkan dingin. Tempelkan kantung teh tadi ke bagian gusi yang mengalami pembengkakan selama kurang lebih 5 menit. Lakukan beberapa kali untuk efek maksimal.
Asam Tamic yang terdapatdalam kantong teh dipercaya dapat berfungsi untuk meringankan infeksi dan iritasi penyebab gusi bengkak.

  • Madu Alami untuk Mengobati Gusi Bengkak

Oleskan madu ke bagian gusi bengkak. Perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak madu yang di oles karena dapat menyebabkan ngilu.
Madu memiliki sifat antisetik dan anti bakterial yang dipercaya dapat mengatasi gusi bengkak akibat gingivitis.

  • Baking Soda untuk Mengobati Gusi Bengkak

Langkahnya termasuk mudah, pertama larutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga menghasilkan pasta lalu oleskan pasta tersebut ke bagian gusi bengkak.
Baking soda dipercaya dapat menetralisir asam yang adapada mulut yang mana dapat berperan besar untuk penyembuhan gusi bengkak.

  • Bawang Merah untuk Mengobati Gusi Bengkak

Haluskan beberapa biji bawang merah dan campurkan dengan garam. Oleskan ke bagian gusi yang bengkak. Diamkan untuk beberap syarat hingga meresap dan berkumurlah dengan air hangat.
Bawang merah dipercaya mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak, radang gusi, dan gigi berlubang.

  • Minyak Cengkeh untuk Mengobati Gusi Bengkak

Temen-temen cukup mengoleskan minyak  cengkeh ke bagian gusi yang mengalami pembengkakan minimal dua kali sehari. Dengan cara ini, biasanya gusi bengkak akan sembuh dalam 3-4 hari (semoga).
Minyak cengkeh memang sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan gusi dan mulut, namun  tetap perlu diperhatikan temen-temen untuk memastikan mnyak cengkeh yang akan dipakai asli atau tidak.

Sekian dulu dari Trisnan, udah capek hahaha, semoga saya dan teman-teman selalu sehat dan berada di lindunganNYA. Semoga gusi bengkak yang diderita temen-temen diberikan kesembuhan, amiiin. 

Sekian Terimakasih.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, maka kamu akan menang diseribu pertempuran”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Gusi Bengkak"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel