Cara Mengobati Gondongan

Cara Mengobati Gondongan

Pernahkah Anda mengalami pembengkakan pada sisi bawah wajah dan telinga Anda?? Di Indonesia cukup banyak yang mengalami gejala tersebut, sekitar kurang dari 15 ribu kasus per tahunnya. Gejala tersebut merupakan gejala seseorang menderita gondongan atau dapat disebut dengan Parotitis atau Mumps. Gondongan merupakan terjadinya pembengkakan pada kelenjar parotis yang berfungsi untuk memproduksi air ludah, karena terinfeksi virus paramyxovirus. Penyakit ini biasanya diderita oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan diderita oleh semua kalangan usia.
Penyebab Gondongan
Gondongan disebabkan oleh virus paramyxovirus. Virus tersebut dapat menular melalui udara atau barang-barang yang terkontaminasi oleh virus tersebut. Saat penderita gondongan sedang batuk atau bersin, percikan air ludah yang keluar dapat menjadi sumber utama penyebaran virus tersebut. Virus akan masuk melalui saluran pernafasan yaitu hidung atau mulut, kemudian bersarang didalam tubuh, semakin berkembang, dan menginfeksi kelenjar parotis sehingga menyebabkan pembengkakan.
Gejala Gondongan
Penyakit gondongan dapat diketahui melalui gejala-gejala tertentu. Gejala gondongan akan terlihat setelah 14 – 15 hari setelah terinfeksi virus. Berikut merupakan gejala seseorang menderita penyakit gondongan:
1.     Penderita mengalami pembengkakan pada bagian bawah wajah atau bawah telinga yang merupakan tempat kelenjar parotis berada,
2.     Penderita merasakan nyeri pada saat mengunyah atau menelan makanan,
3.     Penderita mengalami nyeri sendi dan nyeri pada perut,
4.     Penderita mengalami demam dengan suhu lebih dari 38oC,
5.     Mulut terasa kering,
6.     Hilangnya nafsu makan,
7.     Penderita merasa lelah dan sakit kepala.
Pencagahan Gondongan
Penyakit gondongan dapat dihindari dengan melakukan pencegahan. Pencegahan pada anak-anak dapat dilakukan dengan memberikan imunisasi MMR (mumps, measle, rubella) pada saat usia 1 tahun dan diulang sekali pada usia 5 tahun. Selain itu, pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri terutama pada tangan, tidak berbagi peralatan makan dan mandi, dan gunakan masker untuk menutupi mulut atau hidung agar virus tidak masuk melalui kedua jalan tersebut. Bagi penderita gondongan dianjurkan untuk tidak banyak berinteraksi dengan orang lain untuk mencegah penularan atau penyebaran virus.
Pengobatan Gondongan
Menurut medis, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit gondongan. Tetapi dapat dilakukan pengobatan untuk meredakan gejala-gejala gondongan. Berikut pengobatannya:
1.     Banyak minum air putih
Ketika demam, badan akan lebih banyak membutuhkan cairan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka mengkonsumsi air putih yang cukup akan mempercepat proses penyembuhan.
2.     Menghindari minuman yang mengandung asam
Minuman yang mengandung asam membuat kelenjar parotis memproduksi air ludah lebih banyak, sehingga akan memperparah rasa sakit.
3.     Mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat
Cara ini dapat mengurangi pembengkakan pada kelenjar parotis dan dapat mengurangi rasa nyeri akibat gondongan.
4.      Makan makanan yang lunak
Cara ini dapat mengurangi gejala nyeri saat mengunyah dan menelan. Makanan yang lunak lebih mudah untuk dikunyah dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengunyahan. Tetapi makanan lunak ini juga harus memiliki nutrisi yang cukup, karena jika tidak, dapat menunda proses penyembuhan.
5.     Mengkonsumsi obat pereda demam dan nyeri
Obat pereda demam dapat dibeli di toko atau di apotek terdekat, seperti ibuprofen dan paracetamol.
6.     Istirahat yang cukup
Istirahat sebaiknya dilakukan sampai gejala gondongan reda. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan dapat mengurangi rasa nyeri.
Pengobatan tersebut hanya dapat meredakan gejala-gejala gondongan. Penyembuhan tergantung pada sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penyakit gondongan akan pulih ketika kekebalan tubuh dapat mengatasi infeksi virus yang terjadi.
Sumber: alodokter.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mengobati Gondongan"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-brightening/

    ReplyDelete

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel