Cara Mengobati Batuk pada Bayi

Cara Mengobati Batuk pada Bayi – Batuk merupakan salah satu respon tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru atau aliran yang tersumbat. Nah bagaimana jika batuk terjadi pada bayi, tentunya akan sangat merepotkan orang tua dari sang bayi tersebut mengingat bayi belum diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat batuk pabrikan.

bayi batuk
bayi batuk

Bayi yang mengalami gejala batuk akan rewel saat diberikan susu dan kurang tidur. Batuk juga bisa mengakibatkan bayi sulit bernafas dan tak jarang membuat orang tua khawatir.

Seperti yang Trisnan utarakan diatas, bayi belum diperbolehkan mengkonsumsi obat-obat pabrikan. Nah temen-temen yang sudah menjadi ayah atau ibu bisa membaca langkah dibawah ini jika sang bayi mengalami gejala batuk:


  • Jemur Bayi Memanfaatkan Sinar Matahari

Temen-temen bisa menjemur bayi sesudah mandi pagi. Ingat harus pagi karena sinar matahri pada waktu sangat bagus dan bisa memberikan asupan vitamin D. jemur secara tengkurap di pangkuan temen-temen kemudian pijit lembut bagian punggung bayi. Pada posisi seperti ini bayi mungkin akan merasa tidak nyaman dan menangis, jangan khawatir, beberapa bayi saat menangis akan mengeluarkan dahak dari mulut yang mana akan meringankan flu dan batuk yang dialami sang bayi.

  • Uapkan Bayi dengan Bantuan Minyak Esensial

Cara menguapkan berbeda ketika kita melakukan padaorang dewasa. Siapkan beberapa tetes minyak esensial dikamar mandi. Masukan uap air panas di dalam ember atau baskom. Tunggu sejenak agar uap air panas bercampur dengan hasil uapan minyak esensial. Bawa bayi temen-temen masuk ke kamar mandi dan tutup pintunya. Tidak perlu panik saat melihat sang bayi batuk-batuk, hal ini akan membantu bayi mengeluarkan dahak dan membuatnya nyaman.

  • Pijat Bayi dengan Daun Kemangi

Ambil beberapa lembar daun kemangi segar dan segera cuci, hancurkan (remet) daun kemangi dengan tangan anda lalu pijatkan kebagian dada dan punggung bayi dengan lembut. Segera bersihkan bekas dau kemangi dari tubuh bayi. Perlu diperhatikan, jangan memberikan daun kemangi terlalu banyak karena dapat menimbulkan panas pada bayi. 
Aroma dan senyawa dari daun kemagi dipercaya  dapat melonggarkan batuk dan melancarkan pengeluaran dahak.

  • Pijat Bayi dengan Bawang Merah

Hancurkan beberapa bawang merah yang telah dikupas dan cuci dengan parutan keju, tambah sedikit air hangat dan pijatkan pada area dada dan punggung bayi. Bayi mungkin akan menangis karena bawang merah mempunyai efek yang bsa membuat kulit panas dan mata perih. Segera bersihkan bekas pijatan dengan lap atau handuk bersih.
Senyawa dalam bawang merah dipercaya dapat meringankan dan melegakan batuk ditenggorokan.

  • Makan Bawang Putih untuk Ibu Menyusui

Selawain perawatan untuk bayi secara langsung, mengobati batuk pada bayi juga bisa dilakukan oleh ibu menyusui yang bersangkutan loh temen-temen. Konsumsi bawang putih secara langsung atau dengan sayur yang mengandung bawang putih merupakan  solusinya. Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi sang bayi. Diharapkan manfaat bawang putih tersebut akan tersalur lewat ASI yang di konsumsi sang bayi.

  • Sering Pijat Dada Bayi

Batuk akan membuat area dada hingga perut sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, temen-temen bisa memberikan pijatan lembut pada area tersebut. Pijat bayi dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan merupakan pilihan yang bagus. Perlu diperhatikan buat temen-temen, jangan terlalu keras saat memijat dan ajak bayi bicara agar bayi merasa nyaman.

  • Tinggikan Bantal Bayi

Tidur dengan bantal posisi rendah mungkin akan sangat menyusahkan bayi saat menderita gejala batuk, terlebih lagi jika disertai flu dan hidung tersumbat. Temen-temen orang tua bayi bisa meninggikan bantal sang bayi agar merasa nyaman saat tidur. Namun begitu, temen-temen tetap harus memeriksa keadaan bayi beberapa kali dikarenakan posisi bayi saat tidur dapat berubah ubah setiap saat.

  • Angkat Kepala Bayi Saat Tidur

Jika bayi mengalami batuk parah saat tertidur, hal pertama yang bisa temen-temen lakukan adalah mengangkat kepala bayi dan biarkan bersandar pada lengan temen-temen. Hal ini akan memperlancar pernafasan bayi. Selain itu sentuhan seorang ibu pun dapat menenangkan sang bayi.

  • Berikan Pakaian Hangat untuk Bayi

Suhu rendah atau dingin merupakan salah satu faktor utama batuk dan flu. Agar bayi cepat sembuhdari flu dan batuk, temen-temn orang tua dapat menggunakan pakaian hangat untuk bayi. Jangan barkan terkena udara luar karena tubuh bayi masih rentan terhadap virus. Luangkan waktu untuk istirahat dirumah bersama bayi untuk menghangatkan tubuh. 

Sekian dulu dari Trisnan, udah capek hahaha, semoga saya dan teman-teman selalu sehat dan berada di lindunganNYA. Semoga bayi temen-temen diberikan kesembuhan seterusnya dan semogadijadikan anak yang sholeh / shlehah, amiiin. 

Sekian Terimakasih.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, maka kamu akan menang diseribu pertempuran”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Batuk pada Bayi"

Post a Comment

Bagikan informasi ke teman anda yang membutuhkan.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang baik dan tidak mengandung SARA
Terimakasih :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel